ShoutMix chat widget
Latest News

Program Komputer untuk Menerjemahkan Naskah Kuno

Kamis, 11 Februari 2010 , Posted by vicko at 17.43


Ilmuwan dan peneliti dari Ben-Gurion University of the Negev, Israel, mengklaim telah mengembangkan sebuah program komputer yang dapat membaca naskah kuno yang sudah rusak dan nyaris tidak dapat di baca lagi.

Penemuan mereka ini kelak dapat dikembangkan menjadi search engine atau mesin pencari seperti google. tapi khusus untuk dokumen-dokumen bersejarah.
program ini menggunakan Algoritma pengenalan pola (pattern recognition) yang serupa dengan algoritma yang telah digunakan oleh para penegak hukum untuk mengidentifikasi sidik jari manusia. bedanya, program buatan Israel ini mengidentifikasi huruf, kata, serta gaya tulisan dalam dokumen. dengan mengenali pola-pola tertentu, komputer dapat menuliskan kembali teks yang telah rusak atau pudar dan sulit dibaca. demikian dikatakan oleh salah satu peneliti dari Ben-Gurion University of the Negev, Israel, yang bernama Itay Bar-Yosef.
Jadi, semakin banyak teks yang dianalisis oleh program, semakin akurat pula hasil yang diperoleh.

dan Tim pengembang program ini telah memfokuskan pekerjaan mereka pada naskah Ibrani kuno. Namun, menurut mereka, program ini juga bisa digunakan untuk membaca naskah-naskah yang ditulis dalam bahasa lain..

jadi, yah kita tunggu aja kabar selanjutnya tentang perkembangan program luar biasa buatan Israel ini. yang jelas ini akan menambah pengetahuan juga wawasan kita tentang naskah-naskah kuno dan pasti bakal bermanfaat sekali untuk kita.




...

Currently have 1 komentar:

  1. Fikar says:

    Wow.. Semakin berkembang ajah dunia IT :D

Leave a Reply

Posting Komentar